Rabu, 23 Juli 2008

Mencari Nama Anak

Memberi nama anak yang baik adalah salah satu kewajiban orang tua pada anaknya.
Hak dan kewajiban pemberian nama anak adalah terletak kepada Bapak/Papi/Abah, bila Ibu/Mami kurang setuju atau kurang sependapat dengan penamaan dari Bapak/Papi/Abah, sebaiknya dikomunikasikan dan dimusyawarahkan dengan baik, selanjutnya keputusan nama yang diberikan tetap pada Bapak/Papi/Abah selaku kepala keluarga.

Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman, yang artinya,
“Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah.” (al-Ahzab:5)

Nama yg baik merupakan hak dari anak.
Rasululloh SAW bersabda,“Seseorang datang kepada Nabi(SAW) dan bertanya,”Ya Rasululloh, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab,”Memberinya nama yg baik, mendidik adab yg baik, dan memberinya kedudukan yg baik (dalam hatimu)”.” (HR Aththusi)

Agar tidak kelabakan,
Pencarian nama anak sebenarnya sudah dimulai (bahkan juga sebenarnya diakhiri) jauh2 hari, yaitu pada sekitar bulan ketiga-keempat kehamilan istriku. Saat itu aku sudah menemukan calon nama yang pas, satu nama laki2, dan satu nama perempuan.

Selain syarat2 umum dalam pemberian nama, seperti : memberi nama dengan makna yang baik, nama yang indah, mempunyai kandungan do’a dll, ada syarat tambahan untuk nama calon anakku nanti.
kriteria tambahan dalam pemberian nama anakku nanti :
1. Tidak terlalu pendek, dan juga tidak terlalu panjang, cukup 3 atau 4 suku kata saja. Kalau terlalu panjang, kasihan nanti petugas pembuat Akte Kelahirannya!
2. Bila suku2 kata nama tersebut disambung, harus menghasilkan makna kalimat, misal, nama Nabila Raniah : Nabila artinya Cerdas/kecerdasan, Raniah artinya mempesona, jadi bila digabung akan menciptakan arti : anak yang memiliki kecerdasan yang mempesona.
3. Tidak cukup itu, supaya lebih bermakna, aku juga pingin inisial nama anakku juga bisa dibaca dan mempunyai arti yang bagus.misal nama Ony Kusuma Elok. Inisialnya bila digabung dibacanya OKE, yang artinya Bagus, Sip, Top markotop :D
4. Yang terakhir, sesuai request dari istri, ingin agar nama anak kita nanti ada kata yang artinya ”kuat”, hal ini tidak lepas dari kejadian sewaktu umur kandungan istriku masuk 2-3 bulan, masa rawan2 kandungan, istriku pernah jatuh 2 kali. Yang pertama terpeleset di rumah, habis wudhu mau sholat, masuk rumah, kaki masih basah, dan. srutt! terpeleset!! Alhamdulillah tidak ada pendarahan dan keesokan hari setelah cek ke dokter, kandungannya aman. Jatuh yang kedua, sewaktu dibonceng motor sama teman kantornya. Si teman kantor kurang tau arah, udah terlanjur ambil kiri eh ternyata belok kanan, mendadak banting ke kanan, akhirnya terserempet mobil dan terjatuh, berdarah2 di wajah, tangan dan kakinya, istirahat seminggu dirumah. Dan sekali lagi Alhamdulillah, kandungannya masih aman. Sejak itulah istriku request agar anaknya nanti diberi nama yang artinya ”kuat”. Karena selama ini didera cobaan, tapi anakku tetap kuat!

Nah, sudah ada kriteria kriteria tersebut.
Apa jadinya? PUSING!!!
Tapi ga boleh nyerah gitu aja dong, apalagi untuk anak :D
Setelah mengumpulkan referensi nama2, mulai nyari nama yang pas.
berhari-hari.
Akhirnya, nemu dua nama yang pas, satu untuk laki2 dan satu untuk perempuan.

Dan karena sekarang lahir perempuan, maka yang aku publikasikan adalah nama yang perempuan, sedangkan nama laki2 aku simpan untuk anak kedua nanti kalau lahir laki2. Kalau dipublikasikan sekarang, kuatir kalau ada yang nyontek hehehe.... Ge-eR Amat. :D Amat aja ga Ge-eR!

Anakku lahir 19 Juli 2008 Jam 11.15
Nama anakku Dhia Izzati Nasyama.
Dhia artinya Sinaran
Izzati artinya Kemuliaan
Nasyama, dari kata Nasyamah artinya yang Kuat, Suci
Jadi, Dhia Izzati Nasyama artinya : Sinar Kemuliaan yang Kuat dan Suci.

Panggilannya Nasya : Kuat / Suci

Bila inisialnya digabung, bacanya DIN yang artinya Agama.
arti dari Agama sendiri kan juga bisa didefinisikan sebagai suatu sinar (penerang) kemuliaan (kebenaran) yang suci dan kuat.

Nah, dari nama tersebut harapan orang tuanya adalah, agar Nasya kelak dalam hidupnya menjadi sinar kemuliaan yang suci bagi lingkungannya, dan kuat terhadap godaan, rintangan dan tantangan dunia pada zamannya nanti. Amin.
DIN, maksudnya adalah, agar dalam hidupnya nanti agar Nasya selalu berpegang teguh pada Din / Agama, agar bisa selamat dunia dan akhirat, Amin.
Untuk orang tuanya, bila ingat Nasya dan dalam proses mendidik dan membesarkan Nasya, agar selalu ingat dan berpegang teguh pada Din/Agama.

Amin.

2 komentar:

utacookies mengatakan...

selamat yah mas...
Semoga menjadi anak yang sholihah. Aminn...
Salam buat ellen :)

MeDila mengatakan...

tante dila nie... :)
Akhirnya bisa tau juga nama lengkap Nasya :)
Amiiinn.. semoga doa dan harapan ma2-pa2nya bisa terwujud deh
btw,skrg lg konsen jg ni mikirin nama buat si baby ku. Nyiapin sebanyak2nya nama co en ce. coz blm tau kelaminya apa.